***

***

Ads

Kamis, 15 Desember 2016

Dewi Maut Jilid 019

“Hushhh...moi-moi... hushhh, jangan berkata begitu, Yalima...”

“Bawalah aku bersamamu, koko, biar aku menjadi anjingmu, kudamu dan akkk..”

Yalima tidak dapat melanjutkan kata-katanya. Bagaimana dia dapat mengeluarkan kata-kata kalau mulutnya yang setengah ternganga itu tiba-tiba saja ditutup oleh mulut Bun Houw?

Pemuda ini selama hidupnya belum pernah mengenal cinta, selama hidupnya baru ini berdekatan dengan seorang dara, dan tentu saja dalam mimpinyapun belum pernah mencium seorang wanita, apalagi beradu mulut seperti itu.

Tadi ketika mendengar ucapan Yalima yang rela menjadi anjing atau kudanya, dia tidak tahan untuk menghentikan kata-kata yang merendahkan diri itu. Kedua tangannya masih memeluk pinggang, dan dia setengah mati terpesona oleh keindahan mulut yang berada demikian dekatnya, mulut yang mengeluarkan kata-kata yang harus dihentikannya itu, maka agaknya hanya naluri saja yang menggerakkan dia untuk menghentikan kata-kata itu dengan menutup mulut Yalima dengan mulutnya sendiri!

Yalima merasa seolah-olah tubuhnya kemasukan getaran yang amat hebat, yang membuatnya setengah pingsan dan begitu merasa mulutnya tersumbat, matanya terbelalak, akan tetapi mata itu lalu terpejam karena pengertian bahwa yang menutup mulutnya adalah bibir Bun Houw mendatangkan perasaan demikian nikmat dan hangat sehingga dia hanya mengerang dan tanpa disadarinya bibirnyapun bergerak mempererat ciuman yang terjadi tiba-tiba tanpa direncanakan lebih dulu itu!

Entah berapa lamanya sepasang mulut itu bertemu dan dalam saat seperti itu waktu lenyap artinya bagi mereka, diri sendiri dilupakan dan yang hidup hanyalah pengalaman itu. Sampai mereka terpaksa melepaskan mulut karena kehabisan napas, tersendat-sendat dan terengah-engah.

Bun Houw melepaskan mulutnya, membuka mata yang tadi terpejam tanpa disadarinya dan kini dia memandang dengan penuh keheranan wajah Yalima, seolah-olah baru saat itu dia mengenal wajah dara ini. Yalima membuka sedikit matanya yang menjadi sayu, bulu matanya gemetar, matanya sukar dibuka seperti mata orang yang mengantuk, dan bibirnya berbisik tanpa suara, hanya membentuk kata dengan gerakan bibirnya yang menjadi makin basah dan merah,

“Koko...Houw-ko...”

Melihat wajah yang begitu dekat itu, mata yang setengah terpejam, hidung yang kembang-kempis, mulut yang setengah terbuka, dada yang terengah-engah dan jantung yang berdetak keras terasa karena terhimpit dadanya sendiri, timbul perasaan aneh di dalam hati Bun Houw. Timbul desakan dan dorongan yang tidak dimengertinya, tidak dikenalnya, yang membuat dia ingin sekali.... membelai semua bagian muka itu, membelai dengan hidungnya, dengan bibirnya, bahkan ingin dia menjilat mata, hidung den mulut itu!

Seperti tidak sadar, dia hanya menjadi budak dari dorongan hasrat itu, dan ketika dia membelai mulut Yalima dengan hidung, bibir dan lidahnya, dara itu mengerang dan naiklah sedu-sedan dari dadanya.

Begitu mendengar suara sedu-sedan ini, seketika Bun Houw sadar. Dia berseru keras, melepaskan pelukannya dan meloncat turun dari atas batu itu. Gerakannya ini tiba-tiba sekali sehingga hampir saja Yalima terguling dari atas batu kalau tidak cepat-cepat Bun Houw menyambar tangannya. Mereka kini berdiri saling berhadapan, agak jauh, muka mereka pucat dan dari kedua mata Yalima mengalir air mata.






“Yalima... maafkan... maafkan aku...”

“Houw-ko...”

“Apa... apa yang kulakukan tadi...? Maafkan aku...”

“Houw-ko...” Yalima yang tak dapat mengeluarkan kata-kata itu hanya menyebut namanya dan terisak.

“Moi-moi, aku... aku pulang dulu ke kuil...!”

Tanpa menanti jawaban, pemuda itu meloncat dan bagaikan terbang cepatnya dia sudah lari meninggalkan Yalima yang masih menangis terisak-isak.

Sampai tiga hari lamanya pengalaman yang dianggapnya merupakan pengalaman yang paling aneh dan paling hebat selama hidupnya itu mencekam perasaan Bun Houw, membuat dia tidak enak makan tidak nyenyak tidur! Dia merasa bingung, merasa bersalah, malu, akan tetapi juga harus diakuinya bahwa tidak sedetikpun wajah dengan mata sayu dan mulut setengah terbuka itu dapat terlupa olehnya.

Kemesraan yang dialaminya itu menggores kuat-kuat di dalam hatinya dan diam-diam dia mengakui bahwa selama hidupnya belum pernah dia mengalami saat-saat bahagia seperti itu. Diam-diam dia merasa berbahagia akan tetapi juga khawatir karena dia merasa seperti memasuki suatu bagian hidup yang aneh dan asing, yang tidak dikenal dan dimengertinya sama sekali.

Pada hari ke empat dia mengambil keputusan untuk pergi mencari Yalima. Tadinya, selama tiga hari itu, perasaan rindunya tertahan oleh rasa malu yang amat besar, dan oleh perasaan khawatir kalau-kalau dara itu akan marah dan benci kepadanya atas semua perbuatan yang telah dilakukannya, yang kini kalau dikenangnya merupakan perbuatan yang amat menghina dara itu agaknya.

Akan tetapi pagi hari ke empat ini, dia mengeraskan hatinya, hendak menjumpai Yalima dan minta maaf. Dia percaya bahwa dara yang amat baik budi itu akan suka memaafkannya. Ada suatu hal yang merupakan rahasia baginya, yang tidak mungkin terpecahkan karena dia tidak akan berani bertanya kepada Yalima. Yaitu, ketika mereka beradu bibir dan mulut mereka saling bertemu, benarkah bibir dara ini bergerak-gerak menyambutnya, mengecupnya, dan terasa olehnya ada dua lengan kecil halus melingkari lehernya

Setelah mengenakan pakaiannya yang terbaik, Bun Houw keluar dari kamarnya, akan tetapi tiba-tiba suara suhunya di ruangan depan memanggilnya. Ketika dia memasuki ruangan itu, dia melihat ada empat orang laki-laki yang berusia antara lima puluh sampai enam puluh tahun lebih, bersikap sederhana namun gagah, duduk di ruangan itu berhadapan dengan suhunya.

“Twa-suheng... (kakak seperguruan pertama)...! Ji-suheng (kakak seperguruan ke dua)...!”

Bun Houw segera lari masuk dan cepat menjura dengan hormat kepada empat orang tamu itu yang bukan lain adalah empat orang pertama dari Cap-it Ho-han, murid-murid kepala ketua Cin-ling-pai yang diutus oleh guru mereka untuk menjemput Bun Houw pulang.

Dua orang pertama, Kwee Kin Tan dan adiknya, Kwee Kin Ci, amat sayang kepada Bun Houw yang biarpun terhitung adik seperguruan mereka namun seperti anak atau keponakan mereka sendiri yang mereka kenal sejak lahir dan sejak kecilnya.

“Aihh, sute, engkau telah menjadi seorang pemuda perkasa!”

Kwee Kin Ta yang kini telah menjadi seorang kakek berusia enam puluh tahun lebih itu berseru gembira sambil memegang lengan pemuda itu.

“Tentu kepandaianmu telah menjadi hebat sekali sekarang, sute!”

Kwee Kin Ci juga memuji dan demikian pula, orang ke tiga dan ke empat dari Cap-it Ho-han menyatakan kegembiraan hatinya.

“Kami diutus oleh ayahmu untuk menjemputmu pulang, sute,” kata pula Kwee Kin Ta.

Bun Houw mengangguk, terhimpit antara perasaan suka dan duka, akan tetapi sebagai seorang pemuda gemblengan dia telah dapat membuat air mukanya biasa saja, bahkan kelihatan girang ketika dia menjawab,

“Beri aku waktu dua hari, twa-suheng. Aku harus pamit dulu kepada seluruh sahabatku di daerah ini.”

Empat orang Cap-it Ho-han itu tidak menaruh keberatan karena selain mereka tidak tergesa-gesa, juga mereka merasa senang dengan tempat yang indah itu, dan perjalanan jauh itu melelahkan sehingga beristirahat barang dua tiga hari amat baik bagi mereka.

Para pendeta Lama lalu mempersiapkan sebuah kamar tamu untuk mereka, dan Kok Beng Lama segera meninggalkan muridnya agar dapat bercakap-cakap dengan para suhengnya itu. Memang telah beberapa bulan ini Kok Beng Lama jarang meninggalkan kamarnya dimana dia selalu duduk bersamadhi dengan tenangnya

Hampir sehari lamanya Bun Houw bercakap-cakap dengan keempat orang suhengnya, saling menuturkan keadaan selama lima tahun ini. Mendengar bahwa ayah bundanya dan Cin-ling-pai baik-baik saja, senanglah hati Bun Houw dan penuturan empat orang suhengnya itu menimbulkan rasa rindu kepada kampung halamannya.

Sore hari itu dan keesokan harinya dipergunakan untuk berpamit dari para penghuni dusun-dusun di sekitar tempat itu. Akan tetapi dia masih belum berani mengunjungi dusun Yalima. Dia merasa bingung dan ngeri kalau harus berpamit dari Yalima, sedangkan urusan kemarin dulu itupun belum dibereskannya. Dan selama itu, tidak nampak Yalima datang mencarinya. Agaknya dara itu marah dan benci kepadanya.

Dan kalau dia harus datang hanya untuk berpamit pergi meninggalkan Yalima, sungguh tugas ini amat berat dan pertemuan itu tentu tidak menyenangkan. Maka, setelah bersangsi sampai lama di puncak, memandang ke arah dusun tempat tinggal Yalima, akhirnya dia memutuskan untuk besok pada hari terakhir saja sebelum berangkat mengunjungi dusun itu dan minta diri dari Yalima dan keluarganya. Maka dia lalu menuruni puncak dan berjalan perlahan-lahan kembali ke kuil. Kunjungan terakhir di puncak itu benar-benar membuat dia lemas karena teringatlah semua pengalamannya yang hebat dengan Yalima di puncak itu.

Dalam perjalanan ke kuil ini, Bun Houw melangkah perlahan-lahan dan pikirannya bekerja keras. Dia memang ingin pulang, rindu kepada ayah bundanya, dan juga tidak mungkin dia harus bersembunyi di tempat sunyi ini, karena, seperti kata gurunya, kepandaiannya akan terpendam dan jerih payahnya sejak kecil melatih diri dengan banyak ilmu akan sia-sia belaka kalau tidak dipergunakan untuk kemanusiaan.

Memang seluruh perasaannya sudah menariknya untuk segera pulang ke Cin-ling-san. Akan tetapi setiap kali teringat kepada Yalima, jantungnya menjadi perih rasanya. Baru beberapa hari ini dia telah melakukan hal yang amat tidak patut kepada dara itu, dan kini dia akan meninggalkannya. Teringat akan ini, lenyaplah semua kegembiraannya akan pulang ke Cin-ling-san dan dia menjadi bingung. Sebagian hatinya ingin segera pulang ke Cin-ling-san, akan tetapi sebagian lagi ingin selalu berdekatan dengan Yalima!

Seperti biasa, dia memasuki kuil melalui pintu belakang yang berbentuk bulan purnama dan yang menembus taman bunga di belakang bangunan-bangunan kuil. Ketika dia hendak memasuki pintu bulan itu, terdengar suara berkeresekan. Pendengarannya amat tajam dan dia cepat menengok, hanya untuk terpaku di tempatnya karena dia melihat Yalima berdiri dengan pakaian dan rambut kusut, wajah pucat dan pandang mata sayu, mata layu karena banyak menangis agaknya.

“Yalima...!”

“Houw-ko...!” Dara itu terisak. “Aku... aku mendengar... dari orang-orang... kau... kau akan... pergi...?”

“Yalima...!”

“Houw-ko...!”

Seperti ditarik oleh besi sembrani, kedua orang muda itu lari saling menghampiri dengan kedua pasang tangan mereka terkembang dan di lain saat mereka sudah saling dekap. Kedua lengan Bun Houw melingkari punggung dan kedua lengan Yalima melingkari leher. Di antara isak tangis Yalima, seperti tidak disengaja, kembali dua mulut itu bertemu dalam suatu ciuman yang mesra, yang disertai oleh seluruh gairah perasaan yang menggelora, yang panas dan menjadi pelepasan seluruh kerinduan hati.

“Yalima...!”

“Koko, aku ikut... demi para Dewa... aku ikut... jangan kau tinggalkan aku, Houw-ko...!”

Mereka mengeluh, merintih dan saling berciuman seolah-olah kehidupan mereka bergantung dari pertemuan yang asyik masyuk ini.

Bun Houw memegang kedua pundak dara itu dan memaksanya dengan halus untuk melepaskan pelukan mereka. Sejenak mereka saling pandang, air mata masih bercucuran menimpa sepasang pipi yang kini menjadi agak kemerahan itu, dan banyak air mata itu juga telah membasahi muka Bun Houw ketika mereka berciuman tadi.

“Yalima, kau... kau memaafkan aku... tentang kemarin dulu...”

Bun Houw berkata gugup dan seketika dia sadar betapa bodohnya pertanyaannya itu. Bagaimana dia mengharapkan maaf tentang “kesalahannya” menciumi gadis itu kalau sekarang begitu berjumpa mereka sudah saling berciuman lagi?

“Houw-ko, aku tidak akan memaafkan apa-apa karena kau tidak bersalah apa-apa...” dara itu mulai bicara lancar, akan tetapi kembali tersendat-sendat kalau teringat betapa pemuda ini akan meninggalkannya. “Akan tetapi... jangan tinggalkan aku... kau bawalah aku bersamamu, koko...”

“Tenang dan sabarlah, moi-moi. Mari kita duduk dan bicara dengan baik.”

Dia menuntun tangan gadis itu dan mereka duduk di bawah pohon di luar taman itu, terhalang oleh pagar tembok. Dengan kedua pasang tangan masih saling berpegangan, Bun Houw lalu berkata lirih,

“Yalima, aku terpaksa akan pulang dulu ke Cin-ling-san karena ayahku telah mengutus empat orang suhengku untuk menjemputku. Dan engkau tentu mengerti bahwa tidaklah mungkin untuk mengajakmu begitu saja. Selain orang tuamu tentu tidak akan menyetujui, juga orang tuaku mungkin akan marah-marah kepadaku kalau aku membawa anak gadis orang begitu saja.”

Yalima mengusap air matanya, menahan isaknya dan menundukkan mukanya dengan alis berkerut dan rambut kusut. Melihat keadaan dara ini, timbul keinginan luar biasa kuatnya di hati Bun Houw untuk meraihnya, memeluk tubuh itu dan mendekap kepala itu, menghibur dan membujuknya agar jangan berduka. Hatinya ingin meraih gadis itu dengan penuh rasa haru dan iba.

“Nasibku memang...” terdengar suaranya lirih. “Aku tidak jadi dibawa ke Lhasa, engkau yang pergi meninggalkan aku. Apa bedanya...?”

“Yalima...”

“Kini aku sadar betul bahwa ketidak relaanku dibawa ayah ke Lhasa semata-mata karena ada engkau di sini, Houw-ko. Kalau engkau pergi, aku... aku... tidak perduli apa-apa lagi...”

“Yalima, jangan berkata demikian! Aku tidak akan melupakan engkau begitu saja! Aku... aku suka dan kasihan kepadamu... aku tidak suka melihat engkau menderita atau berduka hanya... sementara ini, tak mungkin aku mengajakmu ke Cin-ling-san. Betapapun, aku berjanji akan bicara dengan ayah bundaku tentang dirimu. Jangan engkau membikin berat perjalananku yang jauh ke Cin-ling-san dengan kedukaanmu, moi-moi.”

Yalima makin menunduk, sejenak seperti orang berpikir, kemudian menghapus air matanya dan dia bangkit berdiri, senyum paksaan membayang di wajahnya.

“Baik, koko! Baiklah, pulanglah engkau, dan aku menghaturkan selamat jalan. Memang aku bodoh, mengapa minta yang bukan-bukan dan yang tidak mungkin? Apapun yang akan terjadi dengan diriku, aku sudah merasa bahagia karena... karena... engkau... eh, suka dan kasihan kepadaku. Selamat jalan, koko...!” Dia lalu membalikkan tubuhnya dan lari, menahan isaknya.

“Moi-moi...!”

Sekali meloncat, Bun Houw sudah berada di depan gadis itu, menghalang jalan. Mereka berdiri berhadapan.

“Houw-ko...!”

Yalima tak dapat menahan jeritnya dan dia lalu menubruk, merangkul dan kembali dua orang muda itu saling rangkul dan saling dekap dengan ketat seolah-olah hendak melebur tubuh masing-masing menjadi satu agar jangan sampai terpisah lagi.

Terdengar suara orang terbatuk-batuk dari balik pintu. Bun Houw cepat melepaskan pelukan dan ciumannya. Dua butir air mata berlinang di pelupuk matanya dan baru sekali ini dia begitu terharu sampai melinangkan air mata! Cepat dia menengok dan mukanya berubah menjadi merah sampai ke lehernya ketika dia melihat bahwa yang batuk-batuk itu adalah Kwee Kin Ta, twa-suhengnya!

“Twa-suheng... ini... dia ini... eh, Yalima sababatku...”

“Sute, kita harus berangkat sekarang juga, harap kau bersiap-siap,” suara suhengnya agak kering karena betapapun juga, hati murid pertama dari Cin-ling-pai ini terkejut dan tidak suka menyaksikan perbuatan sutenya yang berdekapan dan berciuman di tempat terbuka seperti itu dengan seorang dara Tibet.

“Maaf... maafkan saya...” Yalima berkata sambil menjura kepada Kwee Kin Ta dengan suara gemetar, kemudian sekali lagi dia memandang dengan sinar mata mengandung seribu satu macam perasaan ke arah wajah Bun Houw, kemudian membalikkan tubuhnya dan pergi dari situ.

“Maaf, suheng...” Bun Houw berkata sambil menundukkan mukanya. “Dia... dia sahabat baik... eh, seperti adik sendiri, dan... dia... amat berduka oleh perpisahan ini...”

“Tidak apa, sute, aku mengerti perasaan hati orang muda, asal engkau hati-hati dan tidak mudah tunduk terhadap perasaan muda yang menggelora dan berbahaya dan tidak sembarangan memilih! Hatiku terasa tidak enak, maka aku telah memutuskan bersama para suhengmu yang juga merasa tidak enak, untuk berangkat sekarang juga. Malam ini terang bulan dan perjalanan di pegunungan di malam terang bulan tentu indah sekali.”

“Baik, suheng.”

Setelah berkemas, Bun Houw dan empat orang suhengnya berpamit kepada Kok Beng Lama yang masih duduk bersamadhi di dalam kamarnya. Kakek ini sama sekali tidak membuka matanya ketika lima orang itu berlutut dan minta diri, akan tetapi ketika mereka berlima meninggalkan kamar itu, Bun Houw mendengar suara gurunya berbisik di telinganya,

“Selamat berpisah, muridku, dan lupakan saja Yalima!”

Bun Houw tidak terkejut karena maklum bahwa suhunya telah menggunakan ilmunya yang disebut Coan-im-jip-bit (Ilmu Mengirim Suara Dari Jauh) yang diapun sudah dapat melakukannya, yaitu menggunakan khi-kang yang kuat menujukan suara hanya untuk telinga orang yang ditujunya.

Akan tetapi dia merasa terkejut mendengar pesan agar dia melupakan Yalima! Mungkinkah ini? Dia tidak percaya bahwa dia akan mampu melupakan dara itu. Dia lupa akan janji ayah Yalima kepadanya, yaitu bahwa selama Bun Houw berada di tempat itu, kepala dusun itu tidak akan membawa Yalima ke Lhasa. Tentu saja sekarang setelah Bun Houw pergi dan tidak berada di tempat itu, lain lagi persoalannya!

**** 019 ****
Dewi Maut







Tidak ada komentar: