***

***

Ads

Minggu, 02 April 2017

Pendekar Lembah Naga Jilid 186

Apakah sesungguhnya yang terjadi pada diri Kui Lan dan Kui Lin, dua orang dara kembar puteri dari Kui Hok Boan itu? Seperti telah kita ketahui, dua orang dara kembar yang tidak sudi dijadikan selir pangeran seperti yang telah dijanjikan oleh ayah mereka kepada Pangeran Ceng Han Houw, diam-diam melarikan diri dan mereka pergi ke selatan, tidak tahu harus pergi kemana, pokoknya meninggalkan ayah mereka yang membuat mereka merasa penasaran itu.

Hampir mereka tidak percaya betapa ayah mereka itu seolah-olah hendak menjual mereka kepada pangeran yang sombong itu! Sukar mereka dapat menerima kenyataan betapa ayah mereka itu mempunyai watak yang demikian pengecut dan palsu! Begitu kejam dan jahatnya pula telah membius Sin Liong dan Bi Cu untuk menyerahkan mereka kepada pangeran yang mengejar-ngejar Sin Liong! Padahal, Sin Liong adalah saudara mereka, anak ibu kandung mereka pula!

Dapat dibayangkan betapa sengsaranya keadaan dua orang gadis remaja yang selama hidupnya belum pernah melakukan perjalanan sejauh itu, tanpa tujuan pula. Untung mereka sejak kecil telah mempelajari ilmu silat sehingga mereka memiliki tubuh yang kuat dan tahan menderita, di samping ini mereka membawa semua perhiasan mereka sehingga mereka tidak khawatir kehabisan bekal untuk keperluan makan dan lain-lain di sepanjang perjalanan.

Kurang lebih empat bulan kemudian, pada suatu senja Lan Lan dan Lin Lin tiba di tepi Sungai Hoang-ho. Ketika melihat sebuah perahu besar, mereka berseru memanggil tukang perahu untuk ikut menyeberang. Mereka sama sekali tidak tahu bahwa perahu itu adalah milik bajak sungai!

Maka ketika mereka ikut dalam perahu itu dan perahu sudah bergerak ke tengah, mereka berdua dikurung bajak! Terjadilah perkelahian seru dan andaikata pada saat itu tidak sedang lewat perahu yang ditumpangi oleh Ciang Lok atau Ciang-piauwsu, ketua dari Hek-eng-piauwkiok, entah bagaimana nasib sepasang dara kembar itu. Ciang-piauwsu menyelamatkannya dan para bajak itu takut dan segan terhadap piauwsu ini, maka mereka melepaskan Lan Lan dan Lin Lin.

Ciang-piauwsu yang merasa kagum kepada dua orang dara kembar, juga karena dia sendiri tidak mempunyai anak, ketika mendengar bahwa dua orang dara itu terlunta-lunta tanpa keluarga, segera mengajak mereka ke Su-couw dan mereka berdua itu dianggapnya anak sendiri. Isterinyapun suka sekali kepada Lan Lan dan Lin Lin.

Seperti telah diceritakan, dua bulan setelah mereka itu tinggal di rumah Ciang-piauwsu, pada suatu hari muncullah Kwan Siong Bu yang dapat menemukan jejak mereka setelah pemuda ini juga dihadang bajak sungai, menundukkan bajak dan mendengar keterangan dari bajak bahwa dua orang dara kembar itu pergi ikut Ciang-piauwsu di kota Su-couw.

Kedatangan Siong Bu disambut oleh Lan Lan dan Lin Lin dengan gembira. Apalagi ketika dua orang gadis itu mendengar dari Siong Bu bahwa ayah mereka telah berubah pendirian, menyuruh Siong Bu mencari dan mengajak mereka pulang. Siong Bu bercetita bahwa ayah mereka merasa menyesal dan kini hendak mengajak dua orang puterinya itu untuk pindah secara diam-diam agar jauh dari jangkauan Pangeran Ceng Han Houw.

Lan Lan dan Lin Lin girang sekali dan mereka berhasil terbujuk dan ikut pergi bersama Siong Bu. Tentu saja pemuda yang cerdik ini telah membohong. Dia tahu bahwa kalau dia berterus terang, dua orang dara itu tidak akan mau ikut pulang, dan diapun tidak mungkin dapat memaksa mereka.






Setelah berhasil membujuk dua orang dara kembar itu, mereka bertiga lalu diberi tiga ekor kuda yang baik oleh Ciang-piauwsu dan berangkatlah mereka meninggalkan kota Su-couw menuju ke kota raja, diantar dengan pandang mata duka oleh Ciang Lok dan isterinya yang merasa seperti kehilangan anak sendiri.

Setelah tiba di kota sebelah selatan kota raja, mereka bertiga bermalam dalam sebuah rumah penginapan. Lan Lan dan Lin Lin menggunakan sebuah kamar dan Siong Bu berada di kamar lain. Kesempatan ini dipergunakan oleh Siong Bu untuk keluar dan kebetulan sekali dia mendengar bahwa Pangeran Ceng Han Houw baru tiba dari selatan dan berada di kota itu. Maka cepat-cepat dia menemui pangeran ini dan memberi tahu tentang dua orang dara kembar yang baru saja dapat digiringnya kembali untuk diserahkan kepada sang pangeran!

Pada waktu itu, memang Han Houw baru saja kembali dari selatan. Tadinya dia merasa heran dan tidak mengenal pemuda yang mohon menghadap padanya di gedung pembesar setempat, akan tetapi ketika Siong Bu memperkenalkan diri sebagai keponakan Kui Hok Boan, dia segera teringat. Alis tebal pangeran ini berkerut karena dia ternyata sudah lupa lagi bahwa dia mempunyai urusan dengan keluarga Kui itu.

“Hemm, Kwan Siong Bu, sekarang aku ingat, engkau adalah keponakan orang she Kui itu. Dan ada perlu apakah engkau mengganggu waktuku?”

Melihat sikap angkuh dan ucapan yang mengandung nada tidak senang ini, Siong Bu menjadi ketakutan. Dia cepat memberi hormat sambil berkata,

“Harap paduka maafkan kalau hamba mengganggu, kedatangan hamba ini adalah untuk menyerahkan kedua orang adik misan hamba yaitu Lan-moi dan Lin-moi, dua orang dara kembar itu.”

“Dua orang gadis kembar? Ahhh...! Benar! Mereka yang manis-manis itu!” Wajah pangeran itu berseri dan hati Siong Bu seketika merasa lega. “Dimana mereka? Apakah sudah kau bawa ke sini?”

“Itulah sebabnya hamba memberanikan diri menghadap paduka, pangeran. Kalau tidak paduka sendiri turun tangan, akan sukarlah bagi hamba untuk dapat menghaturkan mereka kepada paduka.”

Kemudian dengan singkat namun jelas Siong Bu lalu menceritakan kepada Han Houw akan semua yang telah terjadi, yaitu bahwa dua orang adik misannya itu telah melarikan diri dan betapa dengan susah payah akhirnya dia dapat menemukan mereka dan membujuk mereka sampai tiba di kota ini.

“Hamba telah berhasil membujuk mereka sampai ke sini, dan kalau paduka tidak segera menguasai mereka, kalau sampai mereka lari lagi, akan sukarlah untuk menangkap mereka kembali. Mereka adalah dua orang dara yang berhati keras, pangeran. Hamba kini menyerahkan mereka kepada paduka dengan penuh kerelaan hati.”

Wajah yang berseri itu nampak makin gembira, akan tetapi suaranya yang terdengar secara tiba-tiba itu mengejutkan Siong Bu.

“Kwan Siong Bu, apa maksudmu begini baik engkau hendak menyerahkan dua orang adik misanmu kepadaku?”

Akan tetapi Siong Bu segera dapat menguasai kekagetan hatinya.
“Tidak ada lain maksud hati kecuali hendak berbakti kepada paduka, pangeran. Hamba hanya mengharapkan kemurahan hati paduka untuk keluarga kami.”

Han Houw mengangguk-angguk, maklum bahwa dia berhadapan dengan pemuda yang gila kedudukan dan pahala! Akan tetapi, pemuda semacam ini memang amat berguna bagi orang-orang besar seperti dia, karena pemuda atau orang yang gila akan kedudukan akan dapat mudah menjadi hamba-hamba yang setia.

“Bagus, mari antar aku kepada mereka!”

Dengan girang Siong Bu lalu mengantar Han Houw ke rumah penginapan dimana dua orang adik misannya sedang tidur. Ketika kereta yang membawa pangeran dan Siong Bu tiba di depan rumah penginapan, dan melihat pangeran itu turun, semua orang yang berada di depan cepat berlutut menghaturkan hormat karena mereka mengenal siapa adanya pemuda tampan yang berpakaian indah itu.

Siong Bu langsung membawa sang pangeran sampai ke depan pintu kamar dua orang dara kembar itu, kemudian dia mengetuk pintu.

“Lan-moi! Lin-moi!”

Setelah beberapa kali mengetuk, terdengar jawaban Lin Lin dari dalam. Dua orang dara itu telah melakukan perjalanan jauh dan mereka lelah sekali maka tadi telah tidur nyenyak. Mereka kini terkejut mendengar ketukan pada pintu kamar mereka.

“Siapa di luar?” tanya Lin Lin.

“Aku, Lin-moi. Bukalah pintu kamarnya, aku mau bicara, penting sekali!” kata Siong Bu mendesak dan Han Houw sudah tersenyum gembira ketika mendengar suara gadis yang merdu dari dalam kamar itu.

“Tunggu sebentar, Bu-ko!” terdengar Lin Lin berkata.

Dua orang dara ini terkejut dan menduga tentu ada bahaya, maka mereka cepat turun dari tempat tidur dan tergesa-gesa mengenakan pakaian mereka, pakaian ringkas dan memakai sepatu, siap untuk segera pergi kalau keadaan memaksa. Setelah selesai, barulah Lin Lin dan Lan Lan menghampiri pintu kamar dan membukanya.

“Lan-moi dan Lin-moi, ini pangeran sudah datang menyambut kalian!” kata Siong Bu sambil moloncat ke belakang, membiarkan Han Houw memasuki pintu kamar itu.

Dua orang dara itu terkejut bukan main dan mereka mundur kembali ke dalam kamar dengan mata terbelalak dan muka pucat, menatap wajah pangeran yang tampan dan tersenyum-senyum itu. Han Houw melangkah masuk dengan gayanya.

“Selamat malam dan selamat berjumpa kembali, dua orang nona kembar yang manis. Ah, kini kalian nampak semakin manis saja. Keretaku telah menanti di luar, marilah kalian kuantar pulang...”

“Pu... pulang...?”

Kui Lan bertanya, penuh harap. Benarkah pangeran hendak mengantar mereka pulang ke dusun Pek-jun?

“Ha-ha, tentu saja. Pulang ke istanaku sayang, dan kita akan bersenang-senang, pesta menyambut kedatangan kalian berdua, nona-nona manis.”

“Tidak sudi!”

Tiba-tiba Kui Lin membentak dan dia sudah mencabut pedangnya, diikuti pula oleh Lan Lan. Seperti dua ekor singa betina, dua orang dara kembar ini dengan pedang di tangan sudah menghadapi sang pangeran, sedikitpun tidak gentar dan mereka memandang penuh kebencian.

Melihat sikap mereka ini, Han Houw menjadi semakin gembira dan kagum! Belum pernah ada wanita berani atau mau menolak cintanya, akan tetapi dua orang dara kembar ini menentangnya dengan penuh kegagahan, dan hal ini merupakan permainkan baru baginya!

“Ha-ha-ha, kalian masih sama gagahnya seperti dulu. Bahkan lebih gagah! Akan tetapi, enam bulan yang lalu kalian bukan lawanku, apalagi sekarang setelah aku menjadi jagoan nomor satu di dunia! Ha-ha, kalian boleh menyerangku sesuka hati kalian, nona-nona manis!”

“Hemm, kedudukanmu saja tinggi, engkau seorang pangeran, akan tetapi watakmu rendah, engkau hendak memaksa gadis-gadis yang tidak sudi menjadi permainanmu!”

“Lebih baik mati!”

Lin Lin membentak dan dia sudah menerjang maju dan menyerang dengan pedangnya, diikuti oleh lan Lan. Dua orang dara itu menggerakkan pedang mereka dengan ganas dan kini gerakan mereka memang lebih hebat daripada enam bulan yang lalu. Hal ini adalah karena mereka selama dua bulan telah menerima pelajaran ilmu pedang dari Ciang Lok, ketua Hek-eng-piauwkiok.

Akan tetapi tentu saja berhadapan dengan Han Houw, mereka itu tidak ada artinya. Han Houw hanya tersenyum-senyum saja menghadapi serangan mereka dan begitu tangannya bergerak cepat, tahu-tahu dua orang dara itu melongo dan memandang pedang mereka yang telah pindah ke dalam kedua tangan Han Houw!

Kiranya pangeran yang amat lihai itu tadi telah memapaki serangan mereka dengan dorongan kedua tangan yang mendatangkan hawa pukulan kuat, membuat tangan mereka yang memegang pedang tertahan, kemudian dalam satu detik itu, tangan kanan dan kiri dari pangeran itu telah berhasil merebut pedang!

Akan tetapi hanya sejenak saja dua orang dara kembar itu tertegun, karena di lain saat mereka telah menyerbu lagi dengan nekat, menggunakan kepalan tangan mereka!

Terdengar suara bak-bik-buk ketika empat buah kepalan kecil itu menghujankan pukulan ke tubuh Han Houw, akan tetapi pangeran itu hanya tersenyum saja, bahkan lalu berkata,

“Lain kali kalau memijiti tubuhku bukan begini caranya, sayang!”

Tentu saja dua orang dara itu terkejut dan makin marah. Kini mereka menyerang ke arah kedua mata pangeran itu! Han Houw melangkah mundur dan dua kali tangannya bergerak dan dua orang dara itu terkulai lemas karena sudah kena ditotoknya.

“Kwan Siong Bu! Bawa mereka ini ke dalam kereta!” perintah Han Houw.

Siong Bu masuk dan dia melihat betapa kedua orang piauw-moinya itu sudah rebah di atas lantai dengan lemah lunglai. Dia lalu memanggul tubuh dua orang adik misannya itu dan membawa mereka ke dalam kereta.

Pangeran Ceng Han Houw mengikutinya dari belakang dan setelah mereka masuk ke dalam, kereta lalu dijalankan menuju ke istana dimana Han Houw tinggal kalau dia berada di kota raja.

Pendekar Lembah Naga







Tidak ada komentar: