***

***

Ads

Minggu, 02 April 2017

Pendekar Lembah Naga Jilid 190

“Jadi engkau tidak mau menandingi ilmu silatku?”

“Tidak, Houw-ko.”

“Jadi dengan demikian engkau tidak mengakui bahwa aku adalah Pendekar Lembah Naga, dan jagoan nomor satu di kota raja?”

“Hemm, engkau boleh saja memakai julukan Pendekar Lembah Naga dan jagoan nomor satu di kota raja atau di dunia. Aku tidak perduli, Houw-ko. Aku hanya minta agar engkau suka membebaskan Lan-moi dan Lin-moi, lain tidak.”

Pangeran itu tersenyum. Girang juga hatinya karena pengakuan ini sudah cukup dan telah didengar oleh semua orang kang-ouw. Betapapun juga, dia harus dapat memperlihatkan kekuasaannya terhadap pemuda yang dia tahu amat lihai ini.

“Kau ingin Lan Lan dan Lin Lin bebas? Baik, akan kubebaskan mereka, akan tetapi engkau harus berlutut dan memberi hormat tiga kali kepadaku!”

Sin Liong terkejut. Ini penghinaan namanya! Apalagi hal itu harus dilakukan di depan banyak orang kang-ouw, sungguh merupakan hinaan yang cukup berat. Hampir dia marah dan memang inilah yang dikehendaki oleh Han Houw.

Akan tetapi Sin Liong teringat akan hal ini dan dia tahu bahwa pangeran itu memang memancing-mancing kemarahannya dan dia harus ingat pula akan keselamatan Lan Lan dan Lin Lin yang telah dijanjikan kebebasan mereka oleh pangeran ini. Maka tanpa ragu-ragu lagi diapun lalu menjatuhkan diri berlutut di depan pangeran itu, lalu memberi hormat tiga kali!

Melihat ini, diam-diam Han Houw makin kagum dan juga khawatir. Pemuda ini benar-benar memiliki kekerasan hati yang luar biasa, dan ketenangan yang amat kuat sehingga mampu menahan segala penghinaan dan tidak mudah terpancing. Menghadapi lawan seperti ini benar-benar amat berbahaya! Maka dia lalu sengaja tertawa bergelak, memegangi cambuknya dan berdiri dengan angkuhnya.

“Ha-ha-ha, cu-wi sekailan telah melihat dan mendengarnya. Bocah ini telah mengakui saya sebagai jagoan nomor satu di kota raja! Dan karena kami tahu betul bahwa kepandaiannya amat tinggi, maka pengakuannya itu mengokohkan kedudukanku sebagai Pendekar Lembah Naga dan jagoan nomor satu di kota raja yang kelak akan menjadi jagoan nomor satu di dunia setelah kami mempunyai kesempatan untuk mencoba dan merobohkan pendekar-pendekar besar seperti Yap Kun Liong, Cia Bun Houw dan lain-lain.”

Tiba-tiba terdengar suara beberapa orang tertawa. Seorang gendut pendek dengan kepala bulat tanpa leher karena kepalanya seperti menempel di atas pundak tanpa leher, yang berdiri dengan kedua tangan di belakang tubuh, terkekeh lalu berkata.

“Heh-heh-heh, pemuda ini paduka katakan amat lihai? Kalau menurut pendapat kami, dia ini tidak lain hanya seorang bocah yang penakut dan pengecut, mana bisa dimasukkan dalam kelompok orang-orang besar di dunia kang-ouw? Kalau paduka memang sudah kami ketahui kelihaiannya, akan tetapi bocah ini...?”

“Ha-ha-ha, seperti jembel!”






“Lihat wajahnya sudah pucat begitu, mana ada tenaga dia?”

Tujuh orang jagoan yang berada di belakang Sin Liong itu tertawa-tawa dan mengejek, sedangkan tokoh-tokoh lain hanya ikut tertawa saja. Mereka mentertawakan Sin Liong, akan tetapi hal ini juga merupakan protes halus bahwa pangeran itu mengangkat diri sendiri setelah menundukkan seorang bocah seperti itu yang mereka anggap pengecut dan tidak punya harga diri sebagai seorang gagah di dunia kang-ouw.

Sejak tadi Sin Liong sudah menahan diri. Api kemarahan terhadap semua penghinaan Han Houw telah berkobar di dadanya dan hanya karena ingin menyelamatkan dua orang adiknya itu saja, maka dia selalu bertahan diri dan menerima semua itu dengan tenang.

Akan tetapi kini terdengar kata-kata menghina dan suara ketawa menghina dari orang-orang di belakangnya, tentu saja dia tidak mau menerima penghinaan ini dari orang-orang lain. Dengan tenang namun sepasang matanya makin tajam mencorong dia lalu membalikkan tubuhnya dalam keadaan masih berlutut. Dipandangnya tujuh orang yang masih tertawa-tawa sambil menuding-nuding kepadanya itu dan tiba-tiba Sin Liong lalu mengeluarkan bentakan nyaring, tubuhnya bergerak ke depan dengan kedua tangan digerak-gerakkan.

Tujuh orang itu terkejut dan mereka sebagai tokoh-tokoh kang-ouw yang kenamaan dan memiliki kepandaian tinggi tentu saja tahu bahwa mereka diserang dengan pukulan yang mengandung sin-kang kuat maka mereka cepat bergerak untuk menangkis atau mengelak. Akan tetapi sungguh aneh sekali, tetap saja hawa pukulan yang amat kuat itu menembus semua tangkisan dan terus mengejar biarpun ada yang telah mengelak dan akibatnya, berturut-turut tujuh orang itu terjengkang dan terpental, terbanting keras dan tak bergerak lagi karena mereka semua telah roboh pingsan!

Seketika keadaan menjadi lengang, semua mata terbelalak memandang kepada tujuh orang itu dengan terkejut, kemudian memandang Sin Liong dengan muka pucat, penuh kagum, heran dan jerih.

Sin Liong bangkit perlahan-lahan menghadapi mereka semua. Perlahan-lahan kepalanya bergerak memandangi mereka semua dengan sepasang mata seperti mata naga sehingga mereka yang bernyali kecil bergidik melihat sinar mata ini dan otomatis kaki mereka melangkah mundur. Kemudian terdengar suara pemuda itu, tenang namun terdengar oleh semua telinga, suara yang keluar satu-satu.

“Aku tidak mau melawan pangeran adalah urusanku sendiri! Akan tetapi kalau di antara kalian ada yang mau mengujiku silakan maju!”

Suasana menjadi sunyi setelah Sin Liong mengeluarkan kata-kata ini, semua orang kelihatan jerih. Melihat ini Han Houw mengerutkan alisnya. Sekumpulan manusia apakah yang diundang oleh para utusannya ini? Tokoh-tokoh kang-ouw kota raja dan sekitarnya ataukah hanya sekumpulan gentong kosong tempat nasi belaka?

“Sin Liong telah mengajukan tantangan kepada cu-wi sekalian. Apakah benar-benar di antara cu-wi tidak ada yang berani menandinginya? Cu-wi yang terkenal sebagai tokoh-tokoh kang-ouw tidak berani menghadapi pemuda remaja ini? Betapa menggelikan dan memalukan!”

Han Houw benar-benar merasa penasaran sekali. Karena, biarpun Sin Liong tidak mau melayaninya, namun dia ingin melihat gerakan-gerakan Sin Liong kalau menghadapi lawan tangguh sehingga dia sendiri dapat menilainya.

“Maaf, pangeran. Sesungguhnya bukan kami takut, akan tetapi kami merasa sungkan dan segan karena bukankah sicu yang muda ini adalah adik angkat paduka sendiri?” tanya seorang di antara mereka, yang bermuka hitam dan bertubuh tinggi besar dan berpakaian sebagai seorang ahli silat, pakaian yang ringkas, dan sepatunya memakai lapis baja.

“Hemmmm, apakah kalau begitu kalian juga mengakui keunggulanku karena aku seorang pangeran? Itu penghinaan namanya!” bentak Han Houw.

“Tidak, pangeran,” kata Si Muka Hitam. “Hamba Twa-to Hek-houw (Macan Hitam Bergolok Besar) telah mengenal semua tokoh kang-ouw, dan hamba tahu benar siapa adanya paduka dan sampai dimana kelihaian paduka. Hamba tahu bahwa paduka adalah masih sute dari Kim Hong Liu-nio penyelamat kaisar, dan bahwa paduka telah memiliki nama besar di utara. Akan tetapi sicu muda ini... betapapun juga dia adalah adik angkat paduka, maka kami...”

“Tidak perlu sungkan! Dunia kang-ouw tidak mengenal kedudukan dan pangkat, melainkan mengenal kekerasan kepalan dan kelihaian kaki tangan. Kalau ada yang berani, hayo maju dan lawanlah dia, aku tidak akan menganggap dia sebagai adik atau apapun juga. Kalah menang dan mati hidup dalam sebuah pibu tidak ada dosanya!”

“Kalau begitu, maafkan, biarlah hamba yang mencoba kelihaiannya!”

Twa-to Hek-houw berseru dan dia sudah meloncat ke depan, tangan kanannya bergerak dan dari punggungnya dia sudah mencabut sebatang golok besar yang berkilauan saking tajamnya. Golok itu besar dan berat, namun dia dapat menggerakkannya seperti sebuah benda yang ringan saja.

Sambil tertawa lebar, Si Muka Hitam itu berkata,
“Orang muda, marilah kita main-main sebentar dan kau boleh keluarkan senjatamu!”

Macan Hitam ini memang licik. Dia tadi sudah melihat betapa dengan tangan kosong Sin Liong mengalahkan tujuh orang dengan satu kali gebrakan saja. Maka dia dapat menduga bahwa pemuda itu adalah seorang ahli silat tangan kosong yang amat lihai, dan memiliki tenaga sin-kang yang kuat. Maka dia tidak mau sembrono, menghadapinya dengan tangan kosong, melainkan mengandalkan goloknya yang telah mengangkat namanya itu.

Sin Liong merasa sebal sekali. Semua rasa mendongkol dan marahnya terhadap Han Houw kini ditujukan semua kepada orang-orang yang memandang rendah dan meremehkan serta menghinanya. Dia melangkah maju dan berkata,

“Untuk melawanmu tak perlu aku bersenjata. Majulah!” tantangnya.

Memang Si Muka Hitam itu sudah merasa jerih, maka kini giranglah hatinya mendengar jawaban Sin Liong yang tentu juga didengar oleh semua orang. Dia tidak akan tercela kalau menyerang pemuda ini dengan goloknya karena bukankah pemuda itu sendiri yang menantangnya? Maka sambil mengeluarkan seruan nyaring dia sudah menyerang dengan senjata tajam itu.

Terdengar suara mengaung ketika golok itu menyambar. Sin Liong kelihatan tidak bergerak, hanya sedikit miringkan badan dan menggeser kaki, dan ketika golok itu menyambar lewat dekat sekali dengan telinganya, tangannya menyambar seperti kilat dari samping, dengan tangan terbuka dan miring dia menghantam ke arah punggung golok.

“Krekkk!”

Golok itu patah menjadi dua, dan orang itu kena ditampar dan orangnya roboh terpelanting dengan tulang pundak patah! Si Macam Hitam itu mengaduh-aduh dan cepat ditarik mundur oleh teman-temannya!

Melihat betapa Twa-to Hek-houw yang sebenarnya bukan tokoh sembarangan melainkan seorang jago silat yang amat disegani di kota raja itu roboh dalam segebrakan saja menghadapi pemuda itu, barulah semua tokoh yang berada disitu terkejut dan tahu benar sekarang bahwa pemuda yang menjadi adik angkat pangeran itu benar-benar memiliki ilmu kepandaian yang tinggi dan hebat.

“Hayo, siapa lagi yang hendak maju? Siapa yang tidak mau maju boleh pergi karena kami bukantah tontonan!”

Sin Liong berkata, suaranya keren dan sepasang matanya menyapu dengan sinar mata yang mencorong.

Di antara para tokoh kang-ouw itu tentu saja banyak terdapat orang pandai, akan tetapi mereka ini adalah orang-orang yang segan untuk mencampuri urusan pangeran dan adik angkatnya itu. Tanpa ada alasannya, tentu saja bagi orang-orang kang-ouw itu tidak ingin melibatkan diri dengan urusan pangeran karena hal ini amatlah berbahaya, maka mendengar ucapan Sin Liong, mereka yang benar-benar tokoh kang-ouw dan bukan penjilat-penjilat pangeran, segera meninggalkan tempat itu. Perbuatan ini diturut oleh yang lain sehingga akhirnya tempat itu menjadi sunyi, hanya Pangeran Ceng Han Houw dan Sin Liong saja masih berada disitu.

“Nah, sekarang kuharap engkau suka memenuhi janjimu, Houw-ko. Dimana adanya Lan-moi dan Lin-moi? Aku minta agar mereka segera kau bebaskan.”

Diam-diam Han Houw merasa mendongkol dan kurang puas. Biarpun di depan banyak orang kang-ouw dia sudah memperlihatkan kekuasaannya dan adik angkatnya ini sama sekali tidak membalas penghinaannya, namun ternyata Sin Liong dapat memperlihatkan sikap gagah yang tentu menimbulkan kesan dalam hati para orang kang-ouw itu.

Akan tetapi dia tersenyum dan mengangguk, lalu menuding dengan cambuknya ke arah utara,

“Sebentar lagi mereka datang.”

Benar saja, terdengar suara kaki kuda dan roda kereta, dan tak lama lagi muncullah sebuah kereta indah yang ditarik oleh dua ekor kuda. Kereta yang dikendarai oleh perajurit pengawal itu berhenti di situ, dan seorang pengawal lain yang tadi berdiri di belakang kereta cepat melompat turun dan membukakan pintu kereta.

Dua orang gadis turun dari kereta itu dan girang bukan main rasa hati Sin Liong mengenal dua orang dara kembar itu dengan pakaian indah turun dari kereta. Mereka itu bukan lain adalah Lan Lan dan Lin Lin!

Dua orang dara ini turun dari kereta dengan wajah berseri dan begitu melihat Han Houw berada di situ, mereka lalu cepat berlutut di depan pangeran itu! Tentu saja melihat hal ini, Sin Liong mengerutkan alisnya!

“Kami menghaturkan terima kasih bahwa paduka telah memegang janji,” kata Kui Lan.

“Terima kasih bahwa kami benar-benar telah ditemukan dengan Liong-koko,” sambung pula Kui Lin.

Pendekar Lembah Naga







Tidak ada komentar: