***

***

Ads

Rabu, 05 April 2017

Pendekar Lembah Naga Jilid 197

“HHH...!” Bi Cu menjerit dan tangan kanannya menampar.

“Plakkk!”

Pipi kiri Sin Liong kena ditampar dengan keras karena memang pemuda itu selain sama sekali tidak menyangka-nyangka, juga tidak mau menangkis. Dia terbelalak memandang dengan heran dan mengira bahwa obat bius itu masih mempengaruhi otak dara ini sehingga melakukan tamparan dalam keadaan masih belum sadar benar!

“Manusia cabul kau! Mata keranjang kau! Ceriwis kau!”

Mendengar caci-maki Bi Cu dan melihat betapa Bi Cu dengan susah payah menggunakan kedua telapak tangan untuk menutupi bagian-bagian depan tubuhnya dan kemudian membalikkan tubuh membelakanginya, tidak sadar bahwa dengan berbuat demikian dara itu memperlihatkan dua buah bukit pinggul yang indah bentuknya, yang dapat nampak melalui pakaian dalam yang tipis itu, mengertilah Sin Liong dan mukanya berubah merah sekali.

“Bi Cu, jangan salah mengerti,” katanya lirih sambil menunduk, tidak berani terlalu lama memandang dua bukit menonjol dan garis punggung itu, “ketahuilah bahwa ketika aku melarikanmu dari Pek-lian-kauw, engkau sudah berada dalam keadaan seperti sekarang ini dan aku tidak banyak mempunyai waktu untuk mencari pakaian untukmu karena keadaan amat berbahaya dan semalam didalam hutan ini... tak mungkin mencari pakaian untukmu dan sekarang...”

“Ihh, cerewet amat sih! Yang mereka pakai itu apalagi kalau bukan pakaian!” bentak Bi Cu.

Sin Liong menoleh ke arah telunjuk yang menuding itu dan hampir dia menampar kepala sendiri. Mengapa dia sebodoh itu? Sin Liong tertawa lalu menghampiri seorang diantara tiga tosu tadi, yang paling kecil tubuhnya dan dengan paksa dia lalu menanggalkan pakaian luar tosu ini yang sudah tidak mampu bergerak lagi dan hanya menyeringai menahan nyeri ketika baju dan celana luarnya dilucuti karena kedua pundak yang hancur itu membuat dia tidak mampu menggerakkan tangan.

“Nah, pakailah ini, Bi Cu.”

Bi Cu tidak banyak cakap lagi, menyambar pakaian itu kemudian lari ke belakang batang pohon besar untuk memakai jubah dan celana yang masih kebesaran untuknya itu.

Diam-diam Sin Liong menahan ketawa. Tinggal merangkapkan jubah dan celana itu saja di luar pakaian dalamnya, mengapa harus bersembunyi di balik pohon segala? Tak lama kemudian Sin Liong melihat Bi Cu muncul dari balik pohon dan kembali dia harus menahan ketawanya karena memang Bi Cu nampak lucu sekali dalam pakaian tosu yang kebesaran itu. Biarpun dia sudah menahan-nahan ketawanya, tetap saja mulutnya bergerak-gerak meruncing dan hal ini nampak oleh dara itu.

“Eh, eh, kenapa kau mecuca-mecucu seperti itu? Kau mentertawakan aku, ya?”






“Ti... tidak, hanya... kau lucu sekali dalam pakaian itu, Bi Cu.”

“Buatmu lucu, buatku sama sekali tidak lucu! Eh, Sin Liong, apa sih yang terjadi dengan diriku? Yang teringat olehku hanya bahwa aku ikut bersama Kim Hwa Cinjin, diambil murid olehnya.”

“Engkau telah terjebak ke dalam perangkap berbahaya, Bi Cu. Pek-lian-kauw adalah perkumpulan pemberontak, jahat dan cabul. Aku mendapatkan dirimu pingsan oleh obat bius, dan hampir saja engkau dinodai oleh tiga orang keji itu!”

Sin Liong menuding ke arah tiga orang tosu yang masih rebah di atas tanah, seorang di antara mereka hanya memakai cawat saja karena pakaiannya telah dilucuti.

Muka Bi Cu menjadi merah sekali dan matanya terbelalak, membayangkan kemarahan.
“Apa? Bukankah mereka itu murid-murid Kim Hwa Cinjin...?”

“Benar, dan agaknya engkau diambil murid dengan maksud yang amat kotor dan keji.”

“Keparat! Kalau begitu mereka ini patut dibunuh!” Bi Cu melangkah maju, akan tetapi Sin Liong cepat memegang tangannya.

“Sudahlah, Bi Cu. Mereka sudah terhukum dan mereka selanjutnya tidak akan mampu lagi mengganggu wanita. Mari kita cepat pergi karena masih banyak musuh yang mengejar, bahkan ada pasukan pemerintah...”

Mendengar ini, wajah Bi Cu sudah berubah pucat dan dia cepat memegang tangan Sin Liong.

“Pasukan? Wah, kemana kita harus lari?”

“Mari kau ikut denganku!”

Sin Liong menggandeng tangannya dan mengajaknya lari menyusup ke dalam hutan yang lebih gelap. Mereka berlari terus, akan tetapi tiba-tiba dari depan terdengar suara hiruk-pikuk banyak orang sehingga terpaksa dia mengambil jurusan lain dan terus melarikan diri, makin lama makin jauh ke dalam hutan lebat yang sama sekali tidak dikenalnya.

Pada senja hari itu, terpaksa mereka berhenti di bawah pohon yang lebat, di tengah hutan karena Bi Cu sejak tadi sudah mengomel dan mengeluh saja karena lapar dan lelah. Sehari itu mereka berlari-larian terus tanpa berkesempatan makan, bahkan tidak sempat bercakap-cakap karena lelah.

Kini Bi Cu tanpa berkata apa-apa lagi sudah menjatuhkan diri ke bawah pohon itu, bersandar pada batang pohon melepaskan lelah dengan mata terpejam. Kasihan sekali rasa hati Sin Liong melihat dara ini, maka diapun lalu duduk di atas tanah di depannya.

Dara itu diam saja, hanya bersandar dengan wajah pucat dan mata terpejam, kelihatan amat lelah dan menderita. Kerutan alisnya membuat Sin Liong ragu-ragu untuk bertanya, karena kerutan itu membayangkan bahwa Bi Cu kembali sedang “ngambek”.

Agaknya Bi Cu merasakan pula keheningan ini. Dia membuka kedua matanya, bertemu pandang dengan Sin Liong, menarik napas panjang, bibirnya bergerak tanpa mengeluarkan suara dan akhirnya sepasang mata yang jeli itu terpejam kembali. Sin Liong menelan ludah, memberanikan hatinya. Suasana itu amat mencekam hatinya, karena biasanya, berdua dengan Bi Cu amatlah gembira karena kelincahan dan kejenakaan dara itu, dan sekarang dara itu demikian pendiam dan dingin.

“Bi Cu... sudah lama aku mencarimu...”

Bi Cu merapatkan pelupuk matanya. Ada sedu sedan naik dari dadanya. Ingin dia memaki, ingin dia menjerit, mencela mengapa baru sekarang Sin Liong muncul, padahal dia telah mencarinya semenjak mereka berpisah, betapa dia amat merindukan kehadiran Sin Liong, betapa dia amat membutuhkan Sin Liong untuk menemaninya, untuk membantunya kalau menghadapi bahaya.

Dan sekarang, baru sekarang pemuda itu muncul, dan dalam keadaan hatinya penasaran itu tiba-tiba pemuda itu menyatakan bahwa telah lama mencarinya. Akan tetapi dia menahan kegemasannya, dan dengan suara datar dingin dia bertanya tanpa membuka matanya,

“Mau apa kau mencariku?”

Sin Liong mengangkat muka memandang wajah yang menunduk dan mata yang terpejam itu, dia merasa heran sekali. Bukankah selama dia mencari Bi Cu, dimana-mana dia menemukan keterangan bahwa dara itupun sedang mencari-carinya? Mengapa kini dara itu kelihatan marah dan berduka?

“Bi Cu, tentu saja aku mencarimu. Semenjak kita berpisah, aku tidak pernah melupakanmu, Bi Cu. Aku amat mengkhawatirkan keadaanmu, mengingat betapa engkau hidup sebatang kara di dunia ini, aku menjelajah sampai jauh dan akhirnya baru aku dapat keterangan tentang engkau beberapa hari yang lalu dan...”

Tiba-tiba Sin Liong menghentikan kata-katanya dan dia bengong memandang dara itu yang ternyata kini telah menangis tersedu-sedu, menyembunyikan muka di balik kedua tangan dan dari celah-celah jari tangannya menetes air matanya. Bi Cu telah menangis terisak-isak dan sesenggukan seperti anak kecil!

“Eh, kau kenapa Bi Cu...?”

Bi Cu mencoba mengangkat mukanya dan matanya terpejam, basah air mata yang bercucuran dan dengan susah payah dia berkata di antara isaknya,

“Mengapa kau... tidak membiarkan aku mati saja...? Mengapa engkau menolongku...? Hu-hu-huuk, aku memang anak... celaka... mengapa kau perdulikan aku? Kau orang kejam...! Kau telah memaksaku pergi... kau kira aku takut bahaya dan takut mati? Kau menyuruh aku pergi... hu-huukk... aku terlunta-lunta, mati-matian mencarimu... hu-huuuhh... dan sekarang kau masih... pura-pura mencariku...?”

Sin Liong merasa kasihan sekali dan dia mendekat, menyentuh pundak dara itu.
“Bi Cu, ketahuilah bahwa dulu itu aku menyuruhmu pergi karena engkau terancam bahaya hebat. Kau tidak tahu betapa jahatnya pangeran itu. Aku melakukan semua itu demi keselamatanmu, Bi Cu.”

“Kenapa...? Kenapa engkau perdulikan keselamatanku...?”

“Entahlah. Karena engkau sebatangkara mungkin, seperti juga aku. Dan aku... senang sekali berada di dekatmu, melakukan perjalanan bersamamu, Bi Cu.”

Bi Cu makin mengguguk dan kini dia merangkul, menangis di pundak Sin Liong. Pemuda itu menjadi terharu, tak dapat menahan kedua matanya menjadi basah dan dia mengusap rambut kepala dara itu.

“Sudahlah, Bi Cu, jangan menangis. Bukankah kita sudah saling jumpa dengan selamat?”

“Sin Liong, jangan... jangan tinggalkan aku lagi...”

“Tidak! Aku bersumpah tidak akan meninggalkanmu lagi, Bi Cu.”

Isak tangis itu mereda dan mereka masih saling rangkul, dan pada saat itu tidak ada sedikitpun perasaan cinta asmara di dalam batin mereka, yang ada hanyalah perasaan saling membutuhkan dan saling menyukai seperti kakak dan adik, atau seperti dua orang sahabat yang senasib sependeritaan saja.

“Kau akan mengantarku ke utara untuk mencari musuhku...?”

Sin Liong terkejut dan teringatlah dia akan ocehan yang keluar dari mulut Kui Hok Boan ketika orang itu menjadi miring otaknya. Mendengar ucapan yang keluar dari orang yang terserang tekanan batin sehingga hampir gila itu, mudah diduga bahwa pembunuh ayah kandung Bi Cu tentulah Kui Hok Boan!

Akan tetapi bagaimana dia dapat berterus terang kepada Bi Cu tentang hal ini? Kalau Bi Cu tahu tentang itu, tentu dara ini akan berusaha membalaskan kematian ayahnya, dan kalau itu terjadi, dia sendiri yang akan menjadi bingung. Mungkinkah dia membiarkan orang lain atau Bi Cu sekalipun membunuh Kui Hok Boan dan dengan demikian menyusahkan hati kedua orang adik tirinya, Kui Lan dan Kui Lin yang disayangnya? Sin Liong menjadi bingung akan tetapi dengan suara lirih dia menjawab,

“Ya, tentu saja...”

Kembali hening dan Bi Cu masih bersandar pada pundak Sin Liong. Tangisnya terhenti dan tiba-tiba terdengar suara lirih, suara berkeruyuk yang hanya dapat didengar oleh mereka berdua saja.

Suara lirih ini seperti suara gaib yang sama sekali melenyapkan kedukaan dan keharuan hati mereka, yang dalam seketika memulihkan watak Bi Cu yang sebenarnya. Tiba-tiba saja, dara yang tadi menangis sesenggukan sedemikian sedihnya, kini tertawa begitu geli dan gembira, bebas lepas dan dia sudah melangkah mundur sambil menudingkan telunjuk kirinya ke arah wajah Sin Liong.

Pemuda inipun tersenyum, memandang wajah Bi Cu penuh pesona. Siapa takkan ikut tersenyum gembira melihat dara seperti ini? Tadi di waktu menangis, wajah dara itu tentu akan meluluhkan hati siapapun juga, akan tetapi setelah sekarang tertawa, dengan mata yang masih agak kemerahan dan pipi agak basah itu bersinar dan berseri, bibir yang merah itu terbuka sedikit dengan sopan, nampak sedikit ujung deretan giginya ketika tertawa, membentuk lesung pipit di sebelah kiri mulutnya saja, ah, betapa manisnya, betapa cerahnya, seolah-olah matahari yang baru muncul dari balik awan hitam yang tadi menghalanginya!

“Ih, tak tahu malu!” Bi Cu berseru sambil tertawa geli.

“Apa yang tak tahu malu?” Sin Liong bertanya, hanyut dalam kegembiraan dara itu.

“Hik-hik-hik, masih tanya lagi. Perutmu yang tak tahu malu, siapa lagi! Aku mendengar ada ayam jantan berkeruyuk di dalamnya tadi!”

Sin Liong tertawa.
“Dan akupun mendengar ada ayam betinanya yang berkotek, entah dalam perut siapa! Tak mungkin dalam perutku ada ayam jantan dan ayam betinanya!”

Bi Cu tertawa dan menutup mulutnya.
“Dalam perutku! Memang perut kita keduanya tak tahu malu!”

Pendekar Lembah Naga







Tidak ada komentar: