***

***

Ads

Senin, 10 April 2017

Pendekar Lembah Naga Jilid 205

Makin kaget kedua orang suami isteri itu.
“Siapakah engkau manusia sombong?” Yap Mei Lan bertanya dengan sinar mata tajam penuh selidik.

“Ha-ha, ingin mengenalku? Aku adalah Pangeran Ceng Han Houw dan sebaiknya engkau menyerah saja baik-baik. Engkau akan kutawan lebih dulu sebagai sandera dan baru setelah keluarga Cin-ling-pai, para pemberontak buronan itu menyerah, engkau akan kubebaskan lagi.”

Dapat dibayangkan betapa kagetnya rasa hati Yap Mei Lan dan Souw Kwi Beng. Akan tetapi kekagetan Mei Lan ini disertai rasa marah yang makin hebat. Dia sudah mendengar tentang pangeran ini, yang kabarnya adalah adik seperguruan dari Kim Hong Liu-nio yang memusuhi keluarga Cin-ling-pai.

“Siapa sudi menyerah? Pertama, aku tidak bersalah apapun terhadap pemerintah. Kedua, aku tidak tahu apakah engkau ini benar seorang pangeran ataukah hanya pengacau saja karena engkau tidak membawa surat perintah atau kuasa atau pasukan. Ketiga, andaikata benar engkau pangeran, akupun tidak akan sudi menyerah karena aku tahu benar bahwa ayahku dan semua keluarga Cin-ling-pai bukanlah pemberontak!”

“Ha-ha-ha, apakah engkau menghendaki aku menggunakan kekerasan? Aku sebenarnya tidak suka menggunakan kekerasan terhadap seorang wanita, apalagi terhadap wanita secantik engkau...”

“Keparat sombong, tutup mulutmu yang kotor!”

Yap Mei Lan sudah membentak dan diapun sudah menerjang dengan pukulan tangan kiri dari kepalan tangannya yang kecil namun yang mendatangkan angin pukulan dahsyat itu.

“Bagus! Aku girang sekali melawan orang-orang pandai dari Cin-ling-pai! Hayo keluarkan semua kepandaianmu!” kata Han Houw yang memang gembira melihat betapa pukulan wanita ini hebat sekali, hal yang memang sudah disangkanya mengingat bahwa wanita cantik ini bukan orang sembarangan, melainkan puteri kandung dari pendekar sakti Yap Kun Liong.

Cepat dia mengelak, akan tetapi sebelum dia sempat membalas Mei Lan sudah menyerangnya bertubi-tubi, tubuhnya yang langsing itu bergerak amat cepatnya, kadang-kadang berputar seperti gasing, tahu-tahu telah menyerang dari arah-arah lain sehingga wanita itu seolah-olah telah mengubah dirinya menjadi banyak dan menyerang lawan dari semua jurusan!

“Bagus sekali...!”

Han Houw menggerakkan kaki tangan, mengelak dan menangkis. Memang hebat dan indah serangan-serangan yang dilakukan oleh Yap Mei Lan. Dia telah mempergunakan Ilmu Silat Pat-hong-sin-kun (Ilmu Silat Delapan Penjuru Angin) yang diwarisinya dari mendiang Bun Hwat Tosu, dan dia mengisi kedua lengannya itu dengan tenaga sakti Thian-te Sin-ciang yang diwarisinya dari mendiang Kok Beng Lama!

Tentu saja serangan-serangannya itu amat hebatnya, juga dibandingkan dengan Lie Seng, Mei Lan memiliki kelebihan. Lie Seng hanya mewarisi ilmu-ilmu dari Kok Beng Lama saja, sebaliknya Mei Lan memiliki dua sumber dari ilmu-ilmunya, yaitu Kok Beng Lama dan Bun Hwat Tosu. Dan di samping itu, melihat bakatnya yang hebat, diapun mewarisi khi-kang yang amat hebat dari Kok Beng Lama yang sengaja menurunkan ilmu ini kepada Mei Lan..






Di lain fihak, Yap Mei Lan amat terkejut ketika melihat betapa semua serangannya dapat dielakkan atau ditangkis oleh pangeran itu! Lebih terkejut lagi dia ketika mereka beradu lengan, dia merasa tubuhnya tergetar hebat, tanda bahwa pangeran ini memiliki tenaga yang amat kuat!

Han Houw juga mengerti bahwa boleh dibilang semua anggauta keluarga Cin-ling-pai, atau golongan mereka, memiliki ilmu silat yang amat tinggi, maka biarpun kini yang dihadapinya hanya seorang wanita cantik yang kelihatan lemah lembut, dia sama sekali tidak berani memandang ringan. Maka diapun bersilat dengan cepat sambil mengerahkan tenaganya.

Dalam keadaan seperti itu, setiap bertemu dengan lawan pandai, kumatlah penyakit Han Houw. Dia ingin sekali menguras dan mengenal ilmu-ilmu lawan. Maka dalam menghadapi Mei Lan diapun lebih banyak bertahan daripada menyerang, karena dia ingin sekali melihat lawannya ini mengeluarkan seluruh kepandaiannya, baru dia akan merobohkannya dan menawan wanita ini sebagai sandera.

Melihat betapa isterinya agaknya belum juga mampu mengalahkan pangeran itu, Souw Kwi Beng menjadi tidak sabar. Dia mengerti bahwa tingkat kepandaiannya masih jauh kalau dibandingkan dengan tingkat isterinya atau pangeran itu, akan tetapi sebagai seorang suami, tidak mungkin dia mendiamkannya saja melihat isterinya berkelahi dengan orang lain.

Maka dia lalu mengeluarkan suara bentakan nyaring dan turunlah dia ke dalam gelanggang perkelahian itu. Begitu menerjang maju, dia mainkan ilmu silat yang diperoleh dari ibunya, yaitu Jit-goat Sin-ciang-hoat dan menggunakan tenaga Im-yang-sinkang. Dia menyerang dengan pukulan-pukulan keras dan kadang-kadang menyelingi dengan totokan-totokan yang disebut It-ci-san, yaitu totokan satu jari yang ampuh dan yang merupakan ilmu andalan dari ibunya.

“Hemm, bagus!”

Pangeran Ceng Han Houw menjadi semakin gembira. Dia melihat bahwa pria tampan ini tidak begitu hebat gerakan maupun tenaganya, namun memiliki ilmu silat yang aneh dan juga indah kuat. Mulailah dia dikeroyok dua dan Han Houw memang telah memperoleh tingkat yang amat tinggi sehingga pengeroyokan dua orang suami isteri itu sama sekali tidak membuat dia terdesak. Bahkan kini mulailah dia mengeluarkan jurus-jurus serangan balasan yang membuat Mei Lan dan terutama Kwi Beng, terdesak dan sering kali terpaksa meloncat jauh ke belakang karena memang hantaman pangeran itu berbahaya dan kuat bukan main.

Beberapa kali Mei Lan menyuruh suaminya mundur, akan tetapi Kwi Beng sama sekali tidak mau. Hal ini amat mengkhawatirkan hati Mei Lan. Dia tahu bahwa pangeran ini memang lihai bukan main dan dia mengerti sampai dimana tingkat kepandaian suaminya maka tentu saja melawan pangeran itu amat berbahaya bagi suaminya.

Tiba-tiba dia lalu mengerahkan khi-kangnya dan mengeluarkan suara teriakan melengking nyaring yang menggetarkan keadaan sekelilingnya. Kwi Beng sendiri sampai terhuyung dan meloncat ke belakang tergetar oleh suara isterinya itu. Han Houw terkejut dan sejenak dia termangu, dan saat itu dipergunakan oleh Mei Lan untuk menerjangnya dengan tamparan-tamparan Thian-te Sin-ciang.

“Plak-plak-plakkk!”

Han Houw terhuyung dan biarpun dia berhasil menangkis, namun serangan itu amat hebatnya, membuat dia lengah dan terdesak, terutama lengah karena lengking yang hebat tadi.

Akan tetapi pangeran ini segera membuat gerakan aneh dan tahu-tahu tubuhnya sudah berjungkir balik dan tiba-tiba Mei Lan menjerit dan cepat meloncat jauh ke belakang karena tanpa diduga-duganya, ada kaki yang menyerang ke arah ubun-ubun kepalanya dengan hebatnya karena pangeran itu tahu-tahu sudah berjungkir balik dengan aneh.

“Ha-ha-ha!”

Han Houw tertawa dan diapun meloncat dan berdiri seperti biasa lagi. Untuk menghadapi suami isteri itu, dia tidak perlu menggunakan ilmu simpanannya. Kalau tadi dia terpaksa mempergunakan jurus Hok-te Sin-kun adalah karena dia terkejut dan terdesak oleh pukulan-pukulan sakti wanita cantik itu.

“Lebih baik engkau menyerah saja, Yap Mei Lan, dan mengingat akan kecantikkanmu tentu aku akan bersikap manis kepadamu.”

Wajah yang cantik itu menjadi semakin merah.
“Manusia busuk!” bentaknya dan diapun sudah menerjang lagi, dibantu oleh suaminya yang juga marah karena pemuda itu bersikap dan berbicara kurang ajar kepada isterinya.

Pada saat itu, terdengar bentakan nyaring,
“Manusia dari mana berani mengacau disini?”

Bentakan itu disusul menyambarnya sesosok bayangan dan tahu-tahu Lie Seng telah berada di situ dan pemuda ini menerjang dengan pukulan yang amat kuat ke arah dada Han Houw.

“Ehh!”

Han Houw menarik tubuh ke belakang untuk mengelak karena dia mengenal pukulan ampuh. Melihat Lie Seng sudah datang membantu, Souw Kwi Beng meloncat dan menyerang dengan tendangan dari atas ke arah pundak kiri Han How. Akan tetapi pangeran ini sudah siap sedia, lengan kirinya menyampok dan ketika kaki Kwi Beng tertangkis, tubuhnya terlempar dan terpelanting. Tentu dia akan terbanting keras kalau tidak segera disambar lengannya oleh Mei Lan.

Lie Seng terkejut sekali melihat betapa mudahnya orang itu mengelak dari pukulan-pukulannya yang hebat tadi dan betapa mudahnya pula dia membuat tendangan Kwi Beng selain gagal juga membuat Kwi Beng terlempar. Tahulah dia bahwa lawan ini bukan orang sembarangan, apalagi dia melihat sendiri betapa sucinya dan suami sucinya tidak mampu mengalahkannya.

“Pengacau, siapakah engkau?” bentaknya.

“Sute, dia adalah Pangeran Ceng Han Houw, datang untuk menangkap aku katanya!” kata Mei Lan yang sudah siap untuk menggempur lagi, hatinya besar dengan munculnya sutenya karena dia maklum bahwa agaknya kepandaiannya sendiri tidak akan mampu menandingi lawan.

Kalau sutenya ikut membantunya, dia yakin akan dapat mengalahkan pangeran yang benar-benar amat lihai ini.

Lie Seng terkejut dan alisnya yang tebal berkerut. Sejenak dia memandang pangeran itu penuh perhatian. Adiknya, Lie Ciauw Si pernah menyebut-nyebut pangeran ini, bahkan menurut adiknya, pangeran ini amat baik, memberi adiknya sebuah cincin yang sudah terbukti pula kekuasaannya karena cincin itu mampu mengundurkan pasukan pemerintah!

“Benarkah engkau Pangeran Ceng Han Houw?” tanyanya meragu.

“Benar, dan siapakah engkau, kepandaianmu boleh juga.”

Akan tetapi Lie Seng tidak ingin memperkenalkan diri atau berkenalan, sebaliknya dia malah menegur,

“Kalau begitu, mengapa engkau hendak menangkap suciku ini? Apa salahnya?”

“Ha-ha, agaknya orang-orang Cin-ling-pai dan golongannya masih juga belum mau menginsyafi dosa-dosanya. Yap Mei Lan ini adalah puteri dari Yap Kun Liong, pemberontak buruan. Aku hendak menangkapnya untuk sandera, agar para pemberontak itu suka menyerah.”

“Hemm, mana aturan demikian? Kalau memang hendak menangkap, mana surat kuasa atau surat perintah untuk menangkapnya? Keluarga Cin-ling-pai baru dituduh saja pemberontak, yang hanya merupakan fitnah belaka. Andaikata benar mereka melakukan hal-hal yang dianggap memberontak, apa hubungannya hal itu dengan suci? Kalau hendak menangkap, harus ada surat kuasa atau surat perintah dan alasan-alasannya yang kuat mengapa dia hendak ditangkap!”

Melihat sikap yang tenang dan tegas dari pria muda yang gagah ini, Pangeran Ceng Han Houw merasa kagum dan meragu.

“Siapakah engkau yang berani bicara seperti ini terhadap Pangeran Ceng Han Houw?”

“Aku orang biasa, yang menjunjung keadilan dan kebenaran. Aku Lie Seng, dan menurut penuturan adikku Ciauw Si, yang namanya Pangeran Ceng Han Houw itu seorang yang baik dan gagah, akan tetapi kalau benar engkau pangeran itu dan kini engkau bersikap seperti ini, hendak menangkap orang secara membabi-buta, sungguh aku kecewa atas penuturan adikku itu!”

Han Houw terkejut. Ah, kiranya pria yang gagah ini kakak kandung dari Ciauw Si? Sejenak dia termangu dan meragu. Dia merasa tidak enak kalau harus memperlihatkan kekerasan di depan kakak kandung Ciauw Si, dara yang tak pernah dapat dilupakannya itu. Dia menarik napas panjang lalu berkata,

“Semua perbuatanku ini adalah tugasku sebagai pangeran, demi baktiku kepada negara. Akan tetapi kalau kalian menghendaki surat kuasa, tunggulah. Aku akan datang lagi membawa surat kuasa dan setelah demikian, kuharap kalian tidak akan membangkang lagi karena akupun tidak ingin menggunakan kekerasan!”

Setelah berkata demikian, dia menjura dan membalikkan tubuhnya lalu melangkah pergi meninggalkan halaman rumah itu.

Para tetangga yang berkerumun di depan, melihat perkelahian itupun lalu bubar karena mereka tidak berani mencampuri.

“Mari kita bicara di dalam!” kata Souw Kwi Beng kepada isterinya dan Lie Seng, suaranya mengandung kesungguhan dan diliputi kegelisahan.

Pendekar Lembah Naga







Tidak ada komentar: